Senin, 08 Januari 2024

Sudahkah Buah Hati Kita Merespon Sumber Suara?

 

Anak menengok saat mendengar suara. Ilustrasi Foto: haibunda.com

Ayah, Ibu mungkin sebagian dari kita masih penasaran di usia berapa bayi bisa mendengar suara yang ada di sekitar. Kita masih penasaran sudahkah bayi mendengar saat kita panggil? Terkadang kita merasa khawatir apakah anak memiliki gangguan pendengaran, dan kita ingin mengidentifikasinya juga. Fakta yang telah ditemukan, bayi dapat medengar suara mulai usia 23 minggu dalam kandungan. Lalu pada usia berapa bayi dapat merespon sumber suara?

  1. Usia 2 bulan
    Saat usia ini bayi menjadi lebih tenang ketika mendengar ada suara di sekitarnya. Terkadang bayi seperti mengeluarkan respon mirim kata "oh". Yang perlu diperhatikan jika bayi di usia ini tidak menanggapi suara sama sekali dan tidak terkejut jika ada suara yang keras.
  2. Usia 3 bulan
    Usia ini otak bayi akan lebih aktif dan membantu respon pendengaran, penciuman, dan bahasa. Otak yang membantu respon ini adalah bagian lobus temporal. Saat bayi mendengar suara ia akan menoleh ke sumber suara. Jika anak tidak terlalu memberikan respon ayah dan ibu tidak perlu khawatir karena bisa  jadi anak mendengar namun memerlukan stimulus untuk merespon.
  3. Usia 4 bulan 
    Usia ini bayi mulai gembira saat mendengar orang berbicara dan mulai tersenyum jika orang tuanya mengajak berbicara. Di usia ini anak sudah mulai mampu merespon dengan menggunakan konsonan di awal kata seperti "m" dan "b"
  4. Usia 6 Bulan
    Memasuki usia 6 sampai 7 bayi sudah sangat peka terhadap suara dan langsung menoleh mencari sumber suaraa saat mendengar sesuatu. Bayi juga akan menanggapi suara tersebut dengan pelan.
Bayi atau anak akan melalui proses dalam mendengarkan dan memahami. Berikut prosesnya:
  • Anak akan melihat sekelilingnya untuk mencari sumber bunyi
  • Anak akan merespon dengan suara lembut ataupun keras
  • Anak memperhatikan bunyi yang dihasilkan oleh mainannya
Dari proses mendengar ini akan muncul kemampuan berbicara, proses berbicara pada anak mulai dari anak berceloteh ketika sendirian, anak tertrik untuk mengeluarkan bunyi, dan anak menangis untuk menarik perhatian orang sekitar.

Tidak ada komentar: