Minggu, 14 Januari 2024

Sudahkah Anak Berusia 8 Bulan dapat Menunjukkan Reaksi Tidak Nyaman? (Si Kumbang Bulan 8)

 

Gambar anak menangis saat merasakan tidak nyaman. Ilustrasi Foto: nikita.id

Pada usia 8 bulan anak usia dini memiliki perkembangan yang pesat di bagian pertambahan berat dan tinggi badan. Pertambahan berat dan tinggi ini jauh lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya. Selain pertambahan pada tinggi dan berat, pada usia ini bayi juga memiliki perkembangan lain seperti dapat merangkak, mulai berdiri dan merambat, penglihatan semakin membaik, memahami kata yang didengar, mampu mengambil dan meraih benda, dan juga bisa merasakan sedih saat berpisah dengan ibunya. Di usia ini bayi juga sudah bisa merespon saat merasa tidak nyaman. Respon yang diungkapkan bayi melalui tangisan. Hal tidak nyaman yang dirasakan bayi mulai dari:
  • Lapar
    Kelaparan pada bayi dapat ditandai dengan bayi menangis lalu menggerak gerakkan tangan ke mulut dan memasukkan jari ke dalam mulut. Saat ini bayi belum bisa mengungkapkan dengan kata-kata maka ia hanya mengungkapkan dengan tangisan.
  • Kelelahan
    Bayi yang lelah akan menjadi rewel dan suka menangis. Rewel lelah dapat ditandai dengan bayi menggosok-gosokkan tangan ke mata. Jika bayi sudah seperti ini ayah dan ibu bisa mengajak bayi tidur atau mengayun-ayunkan bayi agar rileks dan tertidur.
  • Bayi kolik
    Bayi kolik yang dimaksud ini adalah kolik infantil yang terjadi pada bayi. Hal ini dapat ditandai dengan bayi menangis selama 3 jam atau lebih. Terkadang kolik bisa sembuh sendiri, namun pada waktu tertentu hal ini tidak bisa sembuh dan menyebabkan sakit perut kronis. Tanda bayi mengalamin kolik infantil seperti wajah merah tambal sulam, teriakan bernada tinggi, kekakuan tubuh, dan perut kembung.
  • Ruam Popok
    Terkadang Ayah dan Ibu terlalu sibuk hingga lupa untuk mengecek popok ananda, saat ananda mulai rewel cobalah untuk mengecek popoknya karena terkadang ananda ruam popok. Hal ini terjadi karena gesekan antara kulit sensitif, popok, dan kotoran. Terkadang ruam popok juga disebabkan karena anak tidak cocok dengan  bahan popok tertentu. Maka hendaknya Ayah dan Ibu mempertimbangkan bahan yang cocok untuk anak.
  • Sariawan
    Sariawan yang disebabkan karena jamur pada mulut dapat membuat bayi menangis karena tidak nyaman. Hal ini umum terjadi, biasanya akumulasi penumpukan jamur candida dalam mulut menyebabkan sariawan. Hal ini bisa ditandai dengan bercak putih pada mulut, bibir kering, dan tidak nyaman saat menyusu.
  • Dingin atau panas
    Perubahan suhu juga dapat menyebabkan bayi merasakan tidak nyaman. Hal ini akan menyebabkan bayi menangis. Misal saat suhu udara terlalu panas anak akan merasa tidak nyaman dan banyak keringat yang keluar dan berpotensi untuk menyebabkan biang keringat. Begitu juga saat udara terlalu dingin anak akan kedinginan dan menangis. 
  • Tumbuh gigi
    Saat tumbuh gigi gusi yang awalnya tertutup akan pecah karena dorongan dari dalam. Hal ini tentunya sangat sakit dan bajkan ada yang membuat infeksi hingga demam. Hal ini membuat anak menangis karena tidak nyaman.
  • Sensitifitas pada makanan
    Terkadang anak usia dibawah 1 tahun juga dapat menangis karena sensitif terhadap makanan. Misal saat menyusu ia merasakan sesuatu yang berbeda. Saat ibu mengkonsumsi kafein, produk susu, atau makanan yang mengandung gas.
  • Menderita penyakit
    Saat bayi sedang menderita penyakit seperti demam, flu, batuk, atau penyakit lainnya bayi pasti akan lebih sering menangis karena merasa tidak nyaman 

Tidak ada komentar: