Minggu, 14 Januari 2024

Ada berapa Pulau di Indonesia?

 


Ayah Bunda...

Sudah tau belum jika Indonesia merupakan Negara Kepulauan?

Indonesia adalah negara kepulauan. Terdapat 17.504 (Tujuh belas ribu lima ratus empat) pulau yang termasuk ke dalam wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut Deputi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Sementara pada data 2023 yang dipaparkan "Ethnologue" justru berjumlah 17.508 Pulau, yang dihuni sub suku besar sejumlah 360an, dengan 720 bahasa daerah. 

Namun, telah ditetapkan bahwa ada 5 Pulau terbesar di Indonesia, yaitu :

1. Pulau Papua

Ayah Bunda...Luas Pulau Papua mencapai 785.753 km². Bentuk pulau yang menyerupai burung Cenderawasih ini menjadi pulau terbesar kedua di dunia. Penduduk asli Papua disebut sebagai Orang Asli Papua (OAP), yaitu terdiri dari beragam suku bangsa tersebar di seluruh wilayah Papua. Sebelumnya, pulau ini terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.


2. Pulau Kalimantan

Apakah Ayah Bunda tau jika dulunya Pulau Kalimantan dulunya sering disebut dengan nama Borneo ini termasuk pulau terbesar di Indonesia dengan luas 743.330 km². Pulau ini dikuasai oleh tiga negara, yaitu Brunei Darussalam, Malaysia, serta Indonesia. Indonesia membagi wilayah di Pulau Kalimantan menjadi lima provinsi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Pulau Kalimantan memiliki batas laut sebelah barat dengan Selat Karimata, sebelah timur dengan Selat Makassar, sebelah selatan dengan Laut Jawa, dan sebelah utara dengan Laut China Selatan.


3. Pulau Sumatera

Pulau Sumatera memiliki luas mencapai 473.481 km², terbagi dengan 9 provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Lampung. Pulau ini memiliki iklim tropis dan ada berbagai binatang yang dilindungi seperti Harimau Sumatera, Badak Sumatera, serta Gajah Sumatera.

Ayah Bunda ternyata Batas sebelah selatan Pulau Sumatera adalah Kepulauan Mentawai, Utara adalah negara Malaysia dan Singapura, timur adalah Pulau Kalimantan, dan barat adalah negara India. Pulau Sumatera dikelilingi dengan pantai dan gunung yang indah seperti pantai Sorake di Sumatera Utara dan gunung Kembar di Aceh.


4. Pulau Sulawesi

Pulau terbesar di Indonesia keempat yaitu Pulau Sulawesi yang mencapai luas 174.600 km². Memiliki zona dalam Waktu Indonesia Tengah (WITA), pulau ini memiliki penduduk mencapai 19 juta jiwa di tahun 2018 berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Laut Sulawesi berbatasan langsung dengan Laut Flores di daerah utara, selatan dengan Laut Sulawesi, barat dengan Selat Makassar, dan timur dengan Laut Banda. Ada enam provinsi yang berada di dalam Pulau Sulawesi: Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Gorontalo.

Ayah bunda, ternyata Pulau Sulawesi memiliki salah satu gunung tertinggi di Indonesia bernama Latimojong dengan ketinggian 3.478 meter, dan juga pantai yang indah seperti Tanjung Bira di Sulawesi Selatan.


5. Pulau Jawa

Ayah Bunda tinggal Pulau Jawa kah? Ternyata Pulau Jawa berada pada nomor lima yang menjadi pulau terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 128,297 km². Pulau ini memiliki enam provinsi dan juga pulau-pulau kecil di sekitarnya, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten.

Pulau Jawa berbatasan langsung dengan Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di Utara, Samudera Hindia di Selatan, Selat Sunda dan Pulau Sumatera di barat, dan Selat Bali dan Pulau Bali di timur.


Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_pulau_di_Indonesia_menurut_provinsi 

https://www.detik.com/bali/berita/d-6572800/ketahui-jumlah-pulau-di-indonesia-dan-lokasi-pulau-terbesar. 


Tidak ada komentar: