Minggu, 28 Januari 2024

Manfaat Tengkurap untuk Bayi

 

Bayi sedang tengkurap. Ilustrasi foto: alodokter.com

Seiring bertambahnya usia bayi akan menunjukkan perkembangan yang dapat dilihat secara langsung. Dari bayi yang awalnya hanya mampu terlentang ia akan mampu tengkurap dengan kepala diangkat serta tangan didepan dada untuk menopang. Tengkurap ini tidak semata-mata ada di fase perkembangan anak tanpa memiliki manfaat. Tengkurap memiliki banyak manfaat untuk bayi mulai dari penguatan otot tulang dan manfaat-manfaat lainnya. Berikut manfaat tengkurap untuk anak:
  • Kaki
    Saat bayi tengkurap maka kaki yag awalnya menghadap ke atas berubah menjadi jari-jari di bawah. Saat ini jari kaki bayi dengan refleks dapat menyentuh lantai. Saat bayi bergerak dalam posisi tengkurap kaki bayi akan bergesekan dengan tanah. Hal ini akan memperkuat otot kaki yang akan digunakan untuk merangkak.
  • Perut
    Perut bayi yang awalnya berada di depan atau di atas saat tengkurap akan berbalik dengan posisi punggung. Nah, disini tengkurap juga memberikan manfaat kepada perut anak seperti mengatasi perut pegas atau konstipasi.
  • Pinggul
    Otot yang dilibatkan bayi saat tengkurap salah satunya adalah otot pinggul. Karena otot ini ikut digunakan untuk menopang tubuh saat bayi berguling. Tengkurap dapat membuat otot yang di pinggul menjadi kuat.
  • Punggung
    Punggung yang awalnya berada di posisi bawah bergesekan dengan lantai saat tengkurap akan berganti menjadi di atas. Maka tengkurap dapat memperkuat tulang belakang. Dengan tulang belakang yang kuat maka posur tubuh bayi akan semakin kuat pula.
  • Lengan
    Saat tengkurap posisi tangan layaknya posisi kaki. Posisi tangan juga digunakan menjadi topangan saat anak tengkurap. Maka tengkurap dapat membuat otot tangan menjadi lebih kuat untuk persiapan merangkak dan meraih benda di depannya.
  • Telapak tangan
    Posisi telapak tangan anak saat tengkurap adalah dibawah kadang di depan. Jika posisi telapak tangan menyentuh lantai anak akan meraba permukaan lantai dan ini dapat merangsang kulit bayi untuk merasakan kasar dan halus. Namun saat didepan anak akan menggerak-gerakkan telapak tangan dan jarinya. 
  • Leher
    Saat bayi mulai tengkurap otomatis leher akan terangkat. Saat ini otot yang ada di leher akan menguat karena terbiasa digunakan untuk menopang kepala. Manfaat tengkurap untuk leher adalah melatih bayi angkat leher dan membantu bayi mengontrol gerakan leher dan kepalanya.
  • Kepala
    Dalam posisi tengkurap kepala anak akan terangkat dan terpisah dari lantai. Hal ini menghindarkan dari kepala peyang. Karena kepala bagian belakang tidak selalu tertekan dengan lantai.
  • Mata
    Saat anak mulai tengkurap dia akan melihat benda yang ada didepannya beda dengan saat dia terlentang. Hal ini menstimulasi mata anak untuk mengamati apa yang ada di depannya.
  • Otak
    Saat bayi tengkurap maka otak anak akan bekerja karena harus mengkoordinasi seluruh anggota tubuh untuk bergerak. Hal ini tentu menjadikan otak terangsang. Selain itu kognitif anak juga akan berkembang.

Tidak ada komentar: