Kamis, 21 Desember 2023

Peran Kakek Nenek dalam Pengasuhan Anak Usia Dini

 


Anak bermain dengan nenek dan kakek. Ilustrasi Foto: mybaby.co.id

Pengasuhan sangat penting dalam membentuk karakter, moralitas, pengetahuan, dan ketrampilan anak. Kakek ataupun nenek yang tinggal bersama anak juga memiliki peran dalam mengasuh anak. Hal ini membuat kakek dan nenek memiliki peran dalam keluarga. Peran nenek dan kakek antara lain:
  1. Pemberi inspirasi atau motivasi
    Sering kali kita melihat nenek dan kakek menceritakan berbagai dongeng untuk anak usia dini. Setelah mendongeng biasanya nenek dan kakek mengajak anak untuk mengambil hikmah dari cerita tersebut yang dijadikan motivasi untuk anak usia dini.
  2. Menjadi panutan atau teladan bagi anak
    Anak adalah peniru ulung apapun yang ada di sekitarnya pasti akan ditirukan. Saat anak berada di rumah figur yang dilihat bukan hanya orang tua, ada kakak, nenek, kakek, ataupun saudara yang lain. Hal ini terdapat nilai positifnya. Kakek dan nenek dapat memberikan teadan yang baik untuk anak. 
  3. Sebagai teman bermain, bercerita, dan mengembangkan hobi
    Saat dirumah nenek dan kakeh bisa menjadi teman yang baik untuk anak. Misalnya saat anak senang mengembangkan hobi seperti  berkebun, bermain air, atau hobi yang lain nenek dan kakek dapat menemani anak bermain.
  4. Menggantikan peran orang tua untuk sementara
    Beberapa orang tua bekerja diluar rumah yang memakan waktu lama. Saat orang tua bekerja, nenek dan kakek dapat menggantikan peran orang tua. Seperti menemani anak, membantu menjaga anak, mendampingi belajar, dan menggantikan peran lainnya.
  5. Pembimbing spiritual
    Kakek dan nenek juga dapat menjadi pembimbing spiritual bagi anak. Seperti mengajak anak beribadah, mengajari anak berdoa dan memuji, atau kegiatan ibadah yang lain.
  6. Menjadi guru yang baik
    Setiap kita adalah guru, setiap kita wajib mengajarkan kebaikan Tidak hanya orang tua, kakek, nenek juga dapat menjadi guru saat anak belajar ataupun guru di keseharian

Tidak ada komentar: