Rabu, 06 Desember 2023

Sudahkah buah hati kita tergolong sebagai anak yang sehat?

 


Anak sehat, kuat, dan bugar. Ilustrasi foto: Generasimaju.co.id

Ayah, ibu lima tahun pertama adalah masa yang sangat penting bagi pertumbuhan anak. Pada masa ini anak sangat aktif dan gemar eksplorasi terhadap lingkungan sekitar. Keeaktifan anak ini akan mendukung perkembangan kognitif, motorik, mental, dan sosial anak. Agar keaktifan anak tetap terjaga tentunya kesehatan anak harus tetap diperhatikan. Sebelum itu kita perlu tau apa ciri-ciri anak yang sehat, ciri anak yang sehat meliputi:
  1. Tumbuh kembang sesuai usia anak
    Ayah ibu dapat memantau tumbuh kembang anak menggunakan panduan KMS (Kartu Menuju Sehat) dalam kartu tersebut menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan usianya. Dalam kartu tersebut pengukuran anak sesuai usia bulan dan juga terdapat grafiknya.
  2. Postur tubuh tegak dan padat
    Tegak dan padatnya tubuh ini dapat mengidentifikasikan bahwa otot dan tulang tumbuh secara maksimal.  Tumbuh maksimal ini tentu didapatkan dari asupan yang optimal terutama asupan protein dan kalsium.
  3. Rambut, kulit, dan kuku bersih
    Kulit anak yang sehat lembab dan tidak bersisik. Rambutnya juga berkilau, kuat, dan tidak mudah rontok. Kukunya tampak merah muda dan tidak rapuh. Kuku ini dapat mengidentifikasikan anak tidak sedang anemia
  4. Nafsu makan baik dan buang air besar teratur
    Kedua ciri ini menunjukkan bahwa pencernaan anak sehat dan tidak terdapat gangguan. Nafsu makan yang baik dapat menunjukkan bahwa anak tidak ada permasalahan dalam menelan ataupun mengunyah. Sedangkan buang air besar teratur menunjukkan tidak adanya masalah di organ dalam pencernaan anak.
  5. Bergerak dan bereaksi aktif, berbicara lancar sesuai usia
    Jika anak bergerak dan lincah dapat diidentifikasikan bahwa anak sehat dan mampu merespon dengan baik. Serta kontak mata anak berjalan dengan sempurna. 
  6. Tidur nyenyak dalam waktu cukup
    Jika nutrisi yang masuk dalam tubuh anak adalah nutrisi yang baik dan cukup maka metabolisme tubuh akan berjalan dengan baik. Hal ini menyebabkan anak tidur nyenyak dan pulas. Saat anak tidur pulas maka perkembangan otak akan optimal.
Sekarang setelah kita mengetahui ciri kesehatan pada anak mari kita identifikasikan, sudahkah anak kita tergolong sebagai anak yang sehat.

Tidak ada komentar: