Minggu, 02 Juli 2023

Musyawarah adalah Jalan Keluarnya

 

Ilustrasi foto: poskata.com

Pada suatu hari di sebuah jembatan berjalanlah dua ekor kambing yang berjalan dari arah berlawanan. Kambing itu bernama kambing hitam dan kambing putih. Saat mencapai tengah mereka sadar kalau jembatan itu hanya dapat dilewati oleh satu kambing saja. Awalnya mereka hanya bertukar pandangan dan saling bertatapan. Hingga si kambing putih berkata "Selamat siang kambing hitam, engkau hendak pergi kemana?". Kambing hitam menjawab "Aku hendak pergi ke padang rumput untuk mencari makan, lalu hendak kemana engkau pergi kambing putih?". Kambing Putih menjawab "Aku hendak ke kaki gunung menyusul keluargaku." Mereka mencoba berjalan kedepan namun hasilnya mereka tetap tidak bisa berjalan. Dua kambing itupun berpikir sejenak, mencoba mencari jalan keluar. Kambing Hitam berkata "Kita perlu bermusyawarah untuk menyelesaikan permasalahan ini, Kambing putih jika kamu ingin menemui keluargamu maka berangkatlah terlebih dahulu aku akan menepi di pinggir sungai." Kambing Putih menjawab "Kambing hitam, aku berterimakasih atas kesediaanmu untuk menepi dan mempersilahkan aku berjalan dulu. Tapi sepertinya kamu tampak lapar dan membutuhkan segera memakan rumput. Dan aku tidak tergesa untuk menemui keluargaku, maka silahkan kamu berjalan dulu aku yang akan menepi". Kambing hitam terharu mendengar pernyataan Kambing Putih. Kambing Hitam berkata "Baiklah jika itu pertimbanganmu, maka aku akan berjalan diatas jembatan ini lebih dahulu. Terimakasih Kambing Putih, sampai bertemu lagi". Kambing Hitam mundur dan mempersilahkan. Dari sini dapat dilihat bahwa musyawarah dapat menjadi jalan keluar dalam setiap masalah.

Tidak ada komentar: