Minggu, 01 September 2024

Cerita Unik, "Asal Mula Bakpia Pathuk"

 

Foto bakpia. Ilustrasi foto: nagantour.com

Hallo, Anak-anak hebat. Sudah pernahkah kalian memakan makanan ini? anak Jogja pastinya kenal dong ini namanya apa. Iya benar, ini adalah bakpia atau biasa dikenal dengan bakpia patuk. Bakpia patuk saat ini sudah hadir dengan berbagai macam rasa. Ada kacang hijau, coklat, kacang merah, durian, dan berbagai rasa yang lain. Tetapi, tahukah kalian bagaimana asal-usul bakpia? apakah bakpia langsung hadir dalam berbagai macam rasa? Yuk simak ceritanya!

Pada zaman dahulu kala tepatnya sekitar tahun 1940-an hiduplah seseorang berasal dari ras tionghoa di kota Yogyakarta. Seseorang tersebut bernama Kwik Sun Kwok. Kwik Sun Kwok pada saat itu menyewa sebidang tanah di Suryowijayan Mantrijeron Yogyakarta milik seseorang bernama Niti Guritno. Nama bakpia berasal dari bahasa Cina "tau lok pia" yang berarti kue yang berasal dari kacang hijau. Dalam istilah lain juga disebutkan berasal dari bahasa "bak" yang berarti daging dan pia yang berarti kue yang berasal dari tepung. Daging yang digunakan awalnya adalah daging babi, namun karena masyarakat Jogja mayoritas islam maka diganti dengan kacang hijau. Lalu pada tahun 1980-an mulai muncul beberapa pengusaha bakpia di daerah pathuk. Maka dari itu pathuk dijadikan pusat bakpia dan disebut bakpia pathuk. Seiring bertambahnya waktu, semakin banyak yang memesan bakpia dengan rasa lain selain kacang hijau. Maka hingga saat ini bakpia hadir dalam berbagai varian rasa.

Begitulah cerita tentang bakpia anak-anak. Sekarang selain kita bisa menikmati kelezatan bakpia kita juga mengetahui searah bakpia


Tidak ada komentar: