Rabu, 17 April 2024

Mengajarkan Anak Tentang Lampu Lalu Lintas dan Fungsinya ternyata ada Kaitannya dengan Wawasan Kebangsaan dan Nilai Pancasila Loh!

 

Gambar lampu lalu lintas. Ilustrasi foto: seva id

Ayah, Bunda. Saat anak berusia 37 bulan anak sudah dapat mengenal warna, mengenal fungsi benda, dan mengenal anak mampu memahami suatu simbol. Misalnya simbol dari warna lampu lalu lintas. Sederhana, namun terkadang kita lupa untuk mengajarkannya. Kita sering mengajak buah hati kita untuk berkelana atau berkendara di jalan raya namun kita mengabaikan hal-hal yang ada di sekitar. Anak yang aktif bertanya mungkin akan menanyakan apa itu sambil menunjuk lampu lalu lintas. Atau akan menanyakan mengapa kita berhenti saat di persimpangan. Sedangkan anak yang cenderung diam, hanya akan mengungkapkan itu dalam hati atau sebagian tidak mempertanyakan itu. 

Mengenalkan lampu lalu lintas serta fungsinya merupakan aktifitas yang mudah dilakukan dan memiliki manfaat yang banyak. Manfaatnya secara tidak langsung berkaitan dengan wawasan kebangsaan serta nilai Pancasila. Manfaat mengenalkan lampu lalu lintas yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan seperti:
  1. Menanamkan jiwa sigap terhadap keselamatan masyarakat: Lampu lalu lintas mengatur pengendara saat berada di jalan raya. Sistem dalam lampu lalu lintas dirancang untuk menjaga keselamatan semua pengguna jalan baik pejalan kaki, pengguna motor, mobil, atau kendaraan lainnya. Dengan memahami lampu lalu lintas dan fungsinya anak akan belajar bahwa keselamatan adalah tanggung jawab bersama. Hal ini menggambarkan gotong royong, kerja sama dalam membangun bangsa.
  2. Menanamkan jiwa patuh atuaran pada anak: Lampu lalu lintas memiliki warna-warna yang menunjukkan instuksi bagi pengguna jalan. Jika pengguna tidak mematuhi maka akan mengganggu keselamatan. Hal ini menciptakan kesadaran patuh aturan dan membentuk warga negara patuh hukum.
  3. Menanamkan keteraturan dan disiplin: Mengikuti sebuah aturan membuat anak menjadi teratur. Dari mengantri lampu lalu lintas anak akan belajar menghargai proses dan sabar mengantri. Hal ini merupakan prinsip yang penting untuk membuat bangsa menjadi lebih maju.
  4. Kesadaran Sosial: Interaksi di jalan raya membuat anak belajar tentang keragaman masyarakat. Anak akan belajar berbagai keragaman budaya, sosial, dan ekonomi akan saling menghormati dan menjaga keamanan. Hal ini memperkuat kerjasama daam kehidupan berbangsa dan keragaman akan dianggap sebagai kekayaan. 
Selain berkaitan dengan wawasan kebangsaan mengajarkan lampu lalu lintas ini juga dapat menanamkan Nilai Pancasila secara tidak langsung. Berikut kaitan mengajarkan lampu lalu lintas pada anak dengan penanaman Nilai Pancasila: 
  1. Keadilan (Keadilan Sosial): Pemahaman tentang aturan lampu lalu lintas membantu anak-anak memahami konsep keadilan. Mereka belajar bahwa setiap orang harus memiliki hak yang sama di jalan raya, dan setiap orang harus mentaati aturan yang sama. Hal ini sejalan dengan nilai Pancasila tentang keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
  2. Kesatuan (Kesatuan Indonesia): Ketika anak-anak belajar untuk berbagi jalan dengan orang lain dan menghormati hak mereka, mereka membangun kesadaran akan pentingnya kesatuan dalam kehidupan berkomunitas. Kesadaran ini merupakan aspek penting dari nilai Pancasila tentang kesatuan Indonesia, di mana keberagaman budaya, suku, dan agama disatukan oleh semangat persatuan.
  3. Demokrasi (Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan): Meskipun anak-anak pada usia dini tidak terlibat dalam proses demokrasi secara langsung, pemahaman tentang aturan lalu lintas membantu mereka menghargai pentingnya peraturan yang diterapkan melalui proses demokratis. Mereka belajar bahwa aturan tersebut ada untuk kepentingan bersama dan dibuat dengan pertimbangan yang cermat. Hal ini sejalan dengan nilai Pancasila tentang demokrasi yang berlandaskan musyawarah dan mufakat.
  4. Kemanusiaan (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab): Mengajarkan anak-anak untuk menghormati aturan lalu lintas juga memperkuat nilai-nilai kemanusiaan. Mereka belajar bahwa menghormati aturan dan hak orang lain adalah bagian dari perilaku yang beradab dan menghargai martabat manusia. Hal ini sesuai dengan nilai Pancasila tentang kemanusiaan yang adil dan beradab. 
Jadi, melalui pengajaran lampu lalu lintas pada anak usia dini, nilai-nilai Pentingnya aturan, keadilan, kesatuan, demokrasi, dan kemanusiaan dalam kehidupan berbangsa dapat ditanamkan dengan lebih efektif, yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Tidak ada komentar: