Minggu, 14 Mei 2023

Mengenal Demokrasi Dalam Keluarga


Ilustrasi gambar: pinterest.com

Istilah demokrasi tidak hanya berada dalam persoalan politik dan kekerasab suatu negara. Melainkan demokrasi menjadi hak dan milik setiap orang yang hidup dalam negara demokrasi. Konsep demokrasi dapat diterapkan dalam keluarga terutama dalam hal pengambilan keputusan, pola asuh, dan komunikasi antara orang tua dengan anak. Ciri dari demokrasi dalam keluarga antara lain:

  1)     Tidak ada diskiriminasi

Demokrasi dalam keluarga dapat diwujudkan dengan tidak mendiskriminasikan anggota keluarga baik dari diskriminasi tugas, hak, ataupun bentuk diskriminasi yang lain. Maka disini juga berlaku kesetaraan gender dalam pengasuhan. Pengasuhan tidak dibebankan kepada ibu akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama ayah dan ibu.

2)   Semua anggota keluarga bebas menentukan keinginan

Rumah tangga yang demokratis memberikan kebebasan kepada anggota keluarganya untuk menentukan sikap. Seorang ayah yang demokrat tentu tidak memaksakan kehendak kepada istri dan anaknya dalam menentukan pilihan. Selain itu dapat ditandai dengan komunikasi yang sehat antara orang tua dan anak.

 3)   Tidak ada kekerasan

Ciri rumah tangga yang demokrasi antara lain tidak adanya tindakan kekerasan dalam proses mendidik anak dan membina keluarga. Bukan berarti demokrasi disini adalah suatu kebebasan, jika diartikan sebagai kebebasan maka demokrasi menjadi suatu Tindakan anarkis. Sedangkan tindakan anarkis sangat bertentangan dengan prinsip demokrasi. Prinsip demokrasi sesungguhnya terlihat ketika adanya saling menghargai hak dan kewajiban orang lain.

Berikut kegiatan yang dapat mencerminkan demokrasi dalam keluarga, seperti:

1)   Berlaku adil terhadap semua anggota keluarga tanpa pilih kasih

2)   Memahami tugas dan kewajiban masing masing

3)   Memberikan kesempatan seluruh anggota untuk memberikan saran dan kritikan

4)   Mendahulukan kepentingan bersama dari kepentingan pribadi

5)   Menempatkan anggota keluarga sesuai kedudukannya

6)   Mengatasi dan memecahkan masalah dengan musyawarah

7)   Mengerjakan  tugas rumah sesuai denegan perannya dalam keluarga

8)   Saling menghargai perbedaan pendapat anggota keluarga

9)   Saling menghormati dan menyayangi

 

Tidak ada komentar: